Monday, April 21, 2014

Tentang Aku & Kawaii Fuku

Bukan, kali ini aku bukan akan menulis sebuah review produk kecantikan, bukan juga menulis tentang makeup tutorial maupun tips kecantikan.

Tapi, kali ini aku mau berbagi cerita tentang aku dan blog-ku, Kawaii Fuku.
Kawaii Fuku adalah blog yang sudah aku kelola selama lebih dari 1 tahun lamanya.
Sebuah media yang telah memberikan begitu banyak pengalaman dan menorehkan berbagai kisah menarik dalam kehidupanku, serta telah mempertemukan aku dengan banyak teman - teman baru.

Dari mana semuanya berawal?

Sudah lama sekali aku mengenal istilah "blog" maupun "blog walking".
Aku berkenalan dengan dunia blogging sejak masih SD kelas 6. Masih kecil, ya? (/∇\*)

Pada awalnya aku membuat blog di BlogDrive, lalu setelah membaca artikel tentang blogger, aku langung memutuskan untuk berpindah platform. Saat itu, blogger adalah salah satu platform blog yang paling terkenal dan fenomenal, serta banyak dibahas di dunia maya.
Ngga mau ketinggalan, aku yang waktu itu belum lama "melek internet" langsung coba - coba sign up dan membuat blog sendiri.


Yang aku tau saat itu, blog sama saja dengan buku diary online.
Konten blog pada masa itu (tahun '90an) layaknya isi sebuah buku harian, kebanyakan tentang curhatan pribadi dan pengalaman - pengalaman menarik yang pernah dialami, cerita tentang liburan dan jalan - jalan, maupun cerita horor. (Iya, orang Indonesia kan kebanyakan suka dengan hal - hal mistis)


Aku sendiri sudah pernah beberapa kali membuat blog, yang isinya tentu saja curhatan pribadi dan ditulis dengan bahasa yang tidak baku. Maklum saja, namanya juga dulu aku masih kecil, bahkan saat aku membuat blog pertamaku, aku sedang dalam fase pencarian jati diri, atau lebih dikenal dengan sebutan "fase alay" (/∇\*)


Mengapa aku membuat blog?

Well, dulu saat membuat blog untuk pertama kalinya, alasanku untuk membuatnya adalah karena ingin mengikuti trend. Selain friendster dan my space yang saat itu lagi booming, nge-blog juga jadi salah satu hal yang beken di kalangan anak muda.


Tapi itu dulu, kalau sekarang kamu tanya apa alasan aku membuat blog, aku ngga akan menjawab dengan jawaban yang sama. Saat ini alasan aku membuat blog adalah karena aku "ingin membagi sesuatu". Ya, berbagi adalah intinya.

Aku ngga cuma ingin cuap - cuap tanpa arti, ngga cuma ingin menulis cerita dengan ratusan bahkan ribuan kata dengan aku sebagai porosnya. Aku mau apa yang aku tulis dalam blog aku dapat bermanfaat bagi orang lain.

Aku berusaha menulis blog dengan konten yang informatif, sehingga ketika ada orang membaca blog aku, maka aku dapat berbagi informasi kepadanya. Karena buat aku, berbagi bukan hanya tentang materi ataupun barang.


Mengapa aku memutuskan untuk membuat beauty blog?

Awal mula aku ngeblog, hal - hal yang sering aku posting adalah cerita sehari - hari, blog buatku hanyalah sebuah buku harian online. Lalu sejak masuk SMA, aku mulai menulis blog dengan konten yang informatif, tidak hanya melulu curhatan pribadi saja.

Aku memposting rangkuman - rangkuman mata pelajaran yang dapat dibaca oleh teman - temanku di blog aku. Aku juga menyisipkan foto - foto praktikum pelajaran. Saat SMA dulu, aku cukup dikenal di kalangan anak IPA sekolahku karena aku selalu punya foto praktikum yang berkualitas bagus dan aku pasti akan selalu membaginya dengan teman - teman sekeleas.


Lalu kapan aku mulai blogging tentang beauty? Jadi ceritanya, waktu awal masuk kuliah, aku lagi centil - centilnya belajar makeup. Terus karena masih pemula, aku merasa perlu membeli beberapa peralatan makeup dan kosmetik dulu untuk mulai belajar dandan. Nah, sebelum membeli, aku pasti akan googling dulu tentang produk - produk yang mau aku beli itu. Aku ngga mau salah beli dan malah menghambur - hamburkan uang untuk barang yang belum tentu aku pakai atau belum tentu cocok dengan kondisi kulitku. 

Aku juga memiliki pemikirian karena aku masih pemula, jadi jangan terlalu banyak membeli barang kosmetik. Jadi, sebisa mungkin aku googling tentang makeup untuk pemula dan barang - barang apa saja yang sebaiknya dibeli.

Dari situ, aku jadi suka membaca review tentang produk - produk kecantikan maupun kosmetik.
Aku jadi ingin membuat review sendiri tentang produk - produk yang sudah aku beli dan aku pakai sendiri. Aku berpikir, dengan aku menulis review sendiri, aku dapat membantu banyak orang yang mencari review tentang suatu produk. Selain itu, tentunya review yang aku tulis akan berbeda dari review - review yang lain, sehingga orang tersebut memiliki masukan tentang produk itu dari berbagai aspek dan sudut pandang.

Lalu aku juga ingin berbagi tentang makeup tutorial a la diriku sendiri.
Memang aku masih pemula, hasil makeup aku pun biasa - biasa saja. Tapi aku ingin membaginya dengan semua orang dan aku tidak malu. Karena setiap orang yang profesional, pernah mengawali semuanya dari nol, dari menjadi pemula dan terus belajar hingga menjadi seorang profesional.


Mengapa diberi nama Kawaii Fuku?

Awalnya blog-ku bernama nenidiyanti, diambil dari nama panjangku sendiri.
Filosofinya tentu saja karena aku ingin menuangkan seluruh ide dan pikiranku tentang beauty ke dalam media yang tentunya milikku sendiri. Makanya aku menamainya nenidiyanti, ya, namaku sendiri.

Lalu aku memutuskan untuk membeli sebuah domain.
Tapi kali ini, aku ingin memberi nama baru pada blog-ku. Nama yang terdengar catchy, namun memiliki makna sendiri di dalamnya. Akhirnya aku memilih untuk menamainya Kawaii Fuku.


Kawaii berasal dari bahasa Jepang, かわいい, yang dapat diartikan cute, lucu.
Fuku juga diambil dari kanji Jepang, 福, yang berarti blessing, fortune, keberuntungan.
Kalau digabungkan, Kawaii Fuku bermakna "Lucky Cute".

Aku memilih kata Kawaii karena aku suka dengan kawaii style yang dimiliki orang Jepang.
Selain itu kata kawaii juga sering dihubungkan dengan dunia beauty, makanya aku menggunakan kata kawaii agar dapat menyiratkan isi dari blog aku ini.

Fuku aku pilih karena maknanya yang bagus, blessing atau fortune.
Karena dengan menulis blog ini, aku merasa telah mendapatkan banyak sekali hal - hal baik.
Mulai dari mendapat banyak teman baru, mengenal dunia beauty lebih dalam, mengasah kemampuan berdandan, bahkan mendapatkan juara dalam kompetisi blog dan kompetisi makeup.

Hal ini telah membuat orang tuaku bangga, karena selain belajar, aku tidak membuang waktuku untuk hal - hal tidak berguna. Aku tidak membuat masa remajaku diisi dengan hal - hal yang tidak benar, aku tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah, serta aku dapat menghasilkan sesuatu dari menulis blog.


Apa saja keuntungan yang telah aku dapatkan setelah menjadi seorang blogger?

Well, sejak umur 11 tahun aku menjadi blogger, baru belakangan ini aku merasakan benefit menjadi seorang blogger "yang sesungguhnya".

 Mendapat banyak teman baru
Ngga dipungkiri, setelah menjadi blogger dan ikut komunitas blogger, aku mulai mendapat banyak teman baru. Senang? Yoi dong!

Bersama kak Tia (utotia.net), Iva (ivabeautyjourney.com), ci Phanie (diaryofproductjunkie.com), ko Endi (endifeng.com), kak Sasya (hellosasyachi.com)

Diundang ke berbagai event menarik
Aku juga cukup sering mendapat undangan untuk menghadiri event - event menarik dari suatu company / perusahaan. Mayoritas tentu saja perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik atau beauty, ya. Dan aku cukup senang dapat hadir di acara mereka karena selain menambah pengalaman, aku juga bisa berkumpul bersama teman - teman blogger lainnya. Ngga ketinggalan, free goodies yang kerap kali dibagikan seusai acara melengkapi keseruan menghadiri event tersebut.

Bersama ci Carnellin (whileyouonearth.blogspot.com), Thea (pamperland.net), Uswatun (ofisuredii.blogspot.com) dan teman - teman blogger lainnya dalam acara DOVE SOAPaholic

Dapat produk - produk gratis
Siapa sih yang ngga suka dikasih sesuatu yang gratis? Semua juga suka, kan? Termasuk juga aku (^艸^) Aku pernah beberapa kali mendapat produk - produk makeup dari beberapa perusahaan untuk kepentingan review. Well, aku tentunya senang bisa dipercaya untuk mereview produk - produk tersebut.

Membantu memperdalam kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris
Menjadi seorang blogger, tentunya harus memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Aku pun merasa setelah menjadi seorang blogger, aku mulai belajar untuk berbahasa dengan baik dan benar. Selain itu untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggrisku, sebagian besar postinganku ditulis dalam bahasa Inggris.

Mengerti HTML / CSS
Dulu HTML dan CSS adalah hal yang paling susah buat aku. Tapi sekarang ngga lagi, tuh. Dari blogging, aku belajar untuk mengenal dasar - dasar HTML dan CSS. Karena dengan mengerti HTML / CSS, maka aku bisa mengedit layout dan design blog aku agar lebih menarik.


Apa sih Tips & Trick dalam menjadi seorang blogger?

Well, setelah menjadi blogger selama beberapa tahun, aku akan coba kasih tips & trick untuk kalian yang baru mau mencoba menjadi seorang blogger (。→∀←。)

Tentukan tema blog kamu dari hal yang kamu sukai
Daripada membuat blog dengan isi yang campur - campur, cobalah untuk fokus dengan satu tema tulisan yang kamu sukai. Misalnya, kamu suka makeup dan hal - hal yang berbau beauty, nah kamu bisa mencoba membuat beauty blog. Atau kamu suka makan dan wisata kuliner, kamu bisa membuat food blog. Sebenernya sah - sah aja kalau kamu mau sesekali memasukkan tulisan dengan tema yang lain dalam blog kamu, karena malah tulisan tersebut akan menjadi pendamping yang pas untuk menjaga keselarasan dan keseimbangan konten blog kamu.


Buatlah blog dengan layout yang "sederhana"
Sederhana disini bukan berarti harus biasa banget, simple banget, atau malah jelek dan pas - pasan. Maksud aku, buatlah blog dengan tampilan layout yang nyaman dilihat dan mudah dibaca teksnya. Jangan terlalu banyak menaruh gadget - gadget ngga penting pada blog kamu. Aku cukup sering dibikin kaget ketika sedang melihat blog orang lain dan tiba - tiba terdengar suara musik. Atau di kesempatan lain, aku sering sekali melihat pop up box yang muncul ketika baru membuka suatu blog. Aku diharuskan untuk like fan page terlebih dahulu agar aku dapat membaca konten blog tersebut. Ini adalah hal - hal yang paling malesin dan bikin ilfeel (ノД`)

HD Photos
Kenyataannya, orang malas jika disuruh membaca segambreng tulisan tanpa ada foto - foto yang menarik. Maka, masukkan foto - foto yang menarik dalam blog kamu. Usahakan kualitasnya cukup bagus, tidak blur, tidak gelap, dan yang penting tidak plagiat atau mengambil foto dari sumber lain tanpa dicantumkan sumbernya.


Followers, Following, Follow Back
Jujur sajaaahhh.... Follower aku sedikit lhooo.. But it won't stop me from blogging. Sebenernya aku ngga terlalu peduli dengan jumlah follower dan aku sendiri baru memasang gadget follower tersebut beberapa waktu lalu, setelah aku mendesign ulang layout blog aku (karena sebelumnya merasa enggak begitu penting). I'll keep blogging even I have no followers, I blog because I want and happy with it. Dan saran aku, jangan follow blog orang lain dengan maksud saling follow - followan (LOL). Follow blog yang kamu suka dan ngga perlu menuntut follow back (kecuali temen haha :p).

Jangan nge-blog cuma karena ingin uang / freebies
Well, harus diakui jadi blogger jaman sekarang itu membuka lebar - lebar pintu peluang untuk menjadi sukses, terkenal, dan mendatangkan keuntungan. Tapi jangan jadikan itu sebagai alasan dasar kamu untuk membuat blog. Blog because you want it, not because you want money and other freebies. Uang dan freebies yang kamu dapat dari nge-blog itu anggaplah sebagai bonus dari usaha kamu untuk membuat blog yang bagus dan menarik.

Ikut komunitas blogger
Pilih dan ikutlah komunitas - komunitas blogger yang kamu anggap cocok dengan tema blog kamu. Bisa berbagi dengan orang - orang yang memiliki interest dalam hal yang sama itu akan sangat menarik, lho! Atau bisa juga ikutan komunitas blogger yang umum, kamu bisa memperluas koneksi dan berkenalan dengan banyak teman baru yang sama - sama blogger. Kamu juga bisa curi tips dan trick dari mereka ;)



Nah, untuk makin mendukung kamu menjadi seorang blogger, kamu harus tau informasi yang satu ini!

Jadi, di Indonesia ada sebuah wadah untuk para blogger mengembangkan blognya dan mengerjakan proyek - proyek yang nantinya setelah proyek selesai, blogger yang mengerjakan proyek tersebut akan mendapatkan imbalan (dapat berupa uang, lho!).

Namanya adalah BBlog, singkatan dari Bina Blog. BBlog ini dikelola oleh PT Bina Blog Indonesia, anak perusahaan dari CyberBuzz, Inc. sebuah perusahaan marketing blog network & social media yang berbasis di Jepang.

BBlog terbuka bagi seluruh blogger di Indonesia, tidak peduli apapun tema blog kamu.
Dengan bergabung dalam BBlog, maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain tentang proyek yang dapat menghasilkan uang yang telah aku sebutkan di atas, kamu juga bisa mendapatkan undangan ke event - event tertentu, atau bahkan kamu bisa mereview produk yang belum ada di pasaran. WOW....!!!

Langkah - Langkah Penggunaan Bblog

1. Daftar menjadi anggota
Pertama - tama kamu harus sign up dulu menjadi anggota BBlog.
link : https://www.bblog.web.id

2. Ajukan proyek
Setelah menjadi anggota, maka kamu dapat mengikuti proyek - proyek yang diadakan oleh BBlog. Ajukan diri kamu untuk mengikuti proyek tersebut. Laporkan hasilnya setelah kamu menyelesaikan proyek, dan kamu dapat mengklaim hadiah dari setiap proyek yang telah kamu selesaikan.

3. Pengalaman
BBlog akan mengundi para anggotanya untuk mendapatkan undangan ke event - event khusus ataupun untuk mendapatkan produk - produk tertentu.

4. Laporan
Informasi / laporan yang telah kamu berikan dalam proyek kamu, tidak hanya dipakai untuk informasi produk saja, tapi juga dapat dipublikasikan dalam kategori "review".

Kalau kamu join BBlog sekarang, kamu juga bisa ikutan lomba menulis yang lagi diadain lho.
Temanya : B Blog’s, I A.M a Blogger


Untuk ikutan lombanya, kamu bisa klik gambar di atas ya :)


berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger

Kompetisi ini diadakan oleh :
BBlog Indonesia

Dan disponsori oleh :
@princess_butik

No comments :